sexta-feira, 3 de fevereiro de 2017


Irama Jangkrik 

Pagi datang seperti biasanya. Siang merangkak menuju sore dan sore menyambut malam. Suara jangkrik memenuhi ruangan pikiranku. Suara nyaring yang sambung menyambung menciptakan sebuah irama...kalau boleh kusebut dengan 'irama jangkrik' saja biar lebih mudahnya.

Irama jangkrik membuatku terlena dalam renunganku. Ada anak yang selalu bertanya ingin tahu, apa ada yang ada di balik itu? Aku duduk ingin juga tahu namun pikiran tidak mudah menembus pengetahuan itu. Lalu apa pengetahuan itu? Pencerahankah? sesuatu yang membuatmu terang, sesuatu yang membuatmu paham, sesuatu yang membuatmu kini yakin untuk melangkah. Itukah?

Kubiarkan irama jangkrik mengisi relung-relung pikiranku. Biarlah pikiranku menyanyikan irama jangkrik...lucu juga bila dipikir-pikir. Namun belum juga kutemukan jawaban itu. Belum juga kutemukan pengetahuan itu. Mengapa jangkrik menimbulkan suara senyaring itu? Mengapa Tuhan menciptakan jangkrik? Mengapa hanya dengan gesekan sayapnya jangkrik bisa membuat irama jangkrik? Apa ada manfaat dari irama jangkrik itu? Apa si jangkrik tahu bahwa ia diberi nama jangkrik dan irama dari bunyi yang ia timbulkan kuberi nama irama jangkrik? Sejauh mana pengetahuan si jangkrik?

Hal-hal kecil menimbulkan hal yang besar.... Mau tahu lebih lanjut tentang jangkrik dan irama jangkrik. Mari kita cari tahu bersama.

Semarang, 4 Februari 2017
DK




Nenhum comentário:

Postar um comentário